Manfaat kenikir bagi kesehatan dan juga obat kanker

January 31, 2018
Manfaat kenikir bagi kesehatan dan juga obat kanker -  Kenikir adalah salah satu tanaman yang sering dipakai masyarakat untuk lalapan. Nyamii banget niih kalu sudah bahas kenikir untuk lalapan makanan yang dimakan bersammaan dengan sambel teri, wah malah jadi laper nih pingin makan jadinya. 
Google Image - Manfaat kenikir bagi kesehatan dan juga obat kanker
Google Image - Manfaat kenikir bagi kesehatan dan juga obat kanker

Pada masa lalu tanaman ini bisa digunakan juga untuk obat anti malaria yang kuat, kemudian dari masa kemasa tanaman kenikir ini telah diteliti dan hasilnya luar biasa, tanaman kenikir ini terbukti mampu melawan sel kanker yang berbahaya. 

Penelitian yang diterbitkan Life science, china sudah menggunakan tanaman kenikir ini dalam pengobatan kanker, karena tanaman kenikir ini mampu membunuh sel kanker payu dara hingga mencapai 98% sel kanker hanya dalam waktu kurang lebih dari 16 jam jika tidak dicampur dengan bahan lainnya.

Akan tetapi yang lebih hebat lagi jika tanaman kenikir ini digunakan dan dikombinasikan dengan tanaman apsintus, maka hasilnya akan menghilangkan sel-sel kanker hampir sepenuhnya dari tubuh manusia, luar biasa bukan.

Tanaman yang luar biasa dan sudah diteliti manfaatnya yang sangat besar ini, ternyata disekitar kita sangat mudah kita dapatkan, dan harganya sangat murah. Beda dengan negara china, dichina tanaman ini sudah digunakan ribuan tahun sebagai ramuan obat malaria dan kanker. kemudia ada dua ilmuan yang bernama The bioengineers henry lai dan Narendra singh dari University of Washington, keduanya meneliti dan menemukan kesimpulan bahwa sel kanker pada tubuh manusia akan mengalami apoptosis atau hancur lebur dengan otomatis. Oleh karena itu tanaman kenikir ini sangat mahal harganya di negara china disebabkan manfaatnya terbukti dan di sana sangatlah langgak ditemukan. 

Ciri-ciri tanaman kenikir
  • Tanaman perdu yang memiliki tinggi kurang lebih 75-100cm
  • Memiliki bau yang sangat has
  • Batangnya tegak dan memiliki cabang yang banyak
  • Batang dan daun memiliki warna hijau
  • Daunnya majmuk dan bergerigit dan bersilang berhadapan menyirip berujung runcing
  • Lebar daun kurang lebih berukuran 15-25 cm

Sahabat pecinta kesehatan, mari kita budi daya tananman satu ini, dan kita perbanyak diladang dan disekitar halaman rumah kita yang masih kosong sehingga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita.

Berikut beberapa manfaat dahsyat yang ada pada tanaman kenikit ini:

  • Sebagi obat maag dan lemah lambung
Tanaman ini pada daunnya memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hedroksieugenol, yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Kandungan ada didalmnya juga mampu menguatkan otot sphingter lambung, yang selalu menerima asupan makan tanpa efek samping yang membahayakan lambung itu sendiri.

Kalau untuk mengkonsumsi tanaman ini, bisa diambil bagian daun yang muda yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih, sediakan sambal ikan asin ... nyaaamiiii, rasanya bikin ketagiahan, dan bisa juga direbus kasih garam secukupnya.
  • Sebagai obat lemah jantung
Kenikir ini disamping mempunyai kandungan seperti yang disebutkan di atas fungsinya untuk menetralkan asam lambung, manfaat yang kedua ini ternyada kenikir memiliki kandungan antioksidan juga dan flavonoid yang mempunyai fungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak pada tubuh kita, flavonoid ini mempunyai fungsi dan akan bekerja memperlancar aliran darah dengan memperkuat otot jantung, sedangkan pembuluh darah fungsinya mengalirkan darah.

Cara mengkonsumsi kanikir ini supaya menjadi obat lemah jantung itu sangat sederhana cukup anda sediakan lima lembar daun kenikir kemudian masukkan ke dalam 250 ml air dan rebus hingga mendidih, minumlah air rebusan daun kenikir tersebut dua kali dalam sehari.
Tanaman kenikir ini mempunyai kandungan senyawa seperti saponin, terpenoid, flavonoid, dan antioksidan, seperti yang sudah dijelaskan diatas, ternyata kandungan senyawa tersebut mampu juga melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker hati. 

Bagaimana caranya supanya daun kenikir ini bisa menanggulangi penyakit kanker ini, lakukanlah sesering mungkin untuk mengkonsumsi air rebusan daun kenikir ini dan jangan lupa juga mengkonsumsi air mineral yang berfungsi untuk melarutkan zat agar mudah terbawa oleh darah.
  • Sebagai obat gondongan
Kandunga yang ada dalam tanaman ini salah satunya adalah senyawa polifenol yang fungsinya dapat mengobati gondongan yang disertai peradangan.

Adapun kenikir ini bisa menjadi obat penyakit gondongan dengan cara tumbuklah daun kenikir hingga lembut, kemudian campurlah dengan cuka, perbandingan 1:1, lalu oleskan bagian yang sakit, tiga kali dalam sehari. "Baca juga obat tradisional lainnya"
  • Sebagai obat payudara bengkak
Terkadang bagi ibu-ibu menyusui ini kerap terjadi pembengkakan pada payudaranya yang disebabkan asi selalu memproduksi terus menerus sedangkan sibeby ini kurang mau dengan asi, karena itu terjadilah pembengkakan dan yang sering dirasakan ibu tersebut sakit pada payudaranya yang membengkak.

Adapun cara membuat tanaman kenikir bisa menjadi solusinya adalah dengan cara, siapkan bebrapa helai daun kenikir, hidupkan api pada kompor dengan api yang kecil, bakarlah daun tersebut hingga layu, kemudian usapkan daun kenikir yang sudah di bakar kepayudara selagi hangat, lakukanlah tiga kali dalam sehari.
  • Sebagai obat cuci darah
Ternyata kenikir ini, selain mempunyai kandungan senyawa seperti disebutkan diatas, tanaman ini juga memiliki vitamin E yang dapat menetralkan racun melaui aliran darah. dan jika dikonsumsi setiap hari maka mampu membersihkan darah dari racun yang masuk dalam tubuh kita melalui makanan yang sering kita makan.
  • Sebagai penambah nafsu makan
Tanaman ini ternyata daunnya bisa berfungsi sebagai obat nafsu makan, karena kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan bertambah, baik digunakan bagi anak anak, dan orang yang setelah melakukan operasi untuk mengembalikan stamina.
  • Bisa mengatasi bau mulut
Bagi anda yang merasa mempynyai masalah bau mulut yang tidak sedap, padahal anda sudah sikat gigi namun masih saja bau pada mulut anda. Kenikir ini mempunyai kandungan koniferil alkohol yang mampu untuk membunuh bakteri dan kuman yang masuk bersamaan dengan makanan yang anda makan. 

Cara agar kenikir bisa menjadi penawar bau mulut disebabkan kuman, lakukanlah cara berikut:
- kunnyahlah daun kenikir dalam keadaan masih segar setelah dibersihkan
- kunnyahlah dalam waktu 20-30 detik
- lalu berkumur
- atau bisa juga dengan cara merebus daun kenikir dengan garam secukupnya dan anda konsumsi dua kali dalam sehari.

Manfaat kenikir bagi kesehatan dan juga obat kanker - Tanaman ini adalah tanaman yang banyak manfaatnya namun banyak orang belum mengetahuinya, bagi anda yang sudah membaca artikel ini bagikan dan informasikan kepada lingkungan kita, agar tanaman tersebut tidak punah dinegara kita ini. 




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »