Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya

February 09, 2018
Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya - Pecinta kesehatan yang bahagia, kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri penyakit jantung dan cara pengobatannya, penyakit jantung ini adalah salah satu penyakit yang sering mengakibatkan kematian bagi penderitanya dengan cepat, dikarenakan kaget, setres, dll.
Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya
Google Image - Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya

Kita semua tahu, bahwa jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk tubuh kita, karena jantung bekarja memompa darah keseluruh tubuh, jadi bisa dikatakan bahwa jantung ini adalah pusat dari anggota tubuh kita, saya pernah membaca didalam hadist nabi yang berbunyi, "didalam tubuh ada segumpal daging, jika daging itu rusak maka seluruh tubuh akan rusak, dan sebaliknya, jika segumpal daging itu sehat maka sehatlah seluruh badan, segumpal daging itu adalah qolbun". Qolbun ini diartikan dalam bahasa indonesia adalah jantung, bukan hati, sedangkan hati dalam bahasa arab adalah kabid. Okelah ini hanya untuk pengetahuan dalam hadist. 

Jantung sangat penting bagi tubuh, semua pasti sepakat, oleh karenanya kita perlu mengetahui cara pengobatan jantung jika jantung kita sakit dan bisa menjaga kesehatan jantung kita dengan mengetahui gejala atau ciri-ciri penyakit jantung. 

Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung

Kita bisa mengetahui ciri-ciri gejala penyakit jantung dengan cara kita perhatikan kesehatan kita bisa dilihat dari rasa nyeri pada dada yang amat menusuk -nusuk, jika kita kaget dengan suatu hal yang mengejutkan dada akan derdebar-debar, sering merasakan sesak nafas, merasakan kesemutan pada bagian tubuh yang disertai keringat dingin. Mengapa bisa demikian terjadi, karena disebabkan aliran darah yang tidak lancar dan tergannggu.

Banyak penderita penyakit jantung ini mengalami keterlambatan dalam penanganan medis, mengapa bisa demikian, dikarenakan banyak penderita yang tidak mengetahui ciri-ciri gejala penyakit jantung yang dideritanya, sehingga bisa mengalami kematian sebelum penanganan medis. Untuk itu penting sekali kita mengetahui Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya.

Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya
Google Image - Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya
Berikut beberapa gejala yang sering dirasakan penderita penyakit jantung:
  • Dada terasa nyeri
Gejala yang pertama ini setia penderita penyakit jantung ini berbeda-beda yang dialaminya, bahkan ada yang tidak merasakan sakit apapun dikarenakan dia memiliki kekurangan aliran darah yang sering disebut dengan silent ishemia.
  • Nafas sesak
Gejala yang kedua ini sering dirasakan oleh penderita penyakit jantung dan hampir semua orang yang mempunyai sakit jantung bisa dipastikan merasakan sesak pada dadanya. Mengapa demikian, karena disebabkan oleh masuknya sesuatu cairang yang masuk dalam rongga udara, yang terdapat pada paru-paru manusia. 
  • Sering kelelahan
Gejala yang ketiga ini mesti kita waspada dengannya, karena lelah bisa dirasakan oleh siapapun itu yang mempunyai aktifitas yang padat, namun banyak orang yang mengabaikannya dikarenakan kelelahan adalah hanya suatu hal yang wajar dialami oleh orang yang mempunyai pekerjaan dan aktifitas yang padat. Padahal kelelahan adalah salah satu dari gejala adanya penyakit jantung juga yang disebabkan kurang efektifnya kerja jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh, oleh karena itu dapat berkurangnya aliran darah ke otot ketika melakukan aktifitas, dan penderita cepat mengalami kelelahan.
  • Sering merasakan debaran jantung sangat cepat yang disebabkan sesuatu yang tiba-tiba (kaget)
  • Sering Pinsan dan pusing
Poin yang kelima ini mengapa penderita sering merasakan pusing dan kerap pinsan, ternyata disebabkan karena kerja jantung lemah dalam memompa darah keseluruh tubuh dan kurang maksimal, oleh karena itu bisa terjadi penurunan pada aliran darah sehingga penderita sering mengalami pusing dan terjadi pinsan.

Pecinta kesehatan yang bahagia, penjelasan diatas adalah ciri-ciri atau gejala penyakit jantung, dan sekarang mari kita membahas tentang bagaimana cara pencegahan penyakit jantung ini.

Pencegahan penyakit jantung 

Bagi seorang yang awam akan ilmu kedokteran setidaknya kita menngetahui cara pencegahan atau menghindari penyakit jantung ini. Ada bebrapa cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung diantaranya adalah:

  • Pola makan yang sehat
Pola makan yang sehat itu sulit dilakukan jika kita tidak menganggap penting kesehatan, tapi jika kita menganggap penting kesehatan kita, pasti kita akan menjaga kesehatan dengan cara mengatur pola makan yang sehat.

Contohnya seperti dengan cara menghindari makanan yang berlemak atau makanan yang mengandung kolestrol tinggi, karena makanan yang mengandung kolestrol tinggi bisa membahayakan jantung. Kemudian hindari juga makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, ini juga membahayakan jantung.
  • Berhenti merokok
Berhentilah merokok atau jangan sampai merokok, karena merokok bisa mengakibatkan kanker, impoten, penyakit jantung, dan paru-paru, kalimat ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan perokok, karena sudah tertulis pada bungkir rokok, namun demikian masyarakat kita menagabaikan hal itu, padahal sangat membahayakan kesehatnnya, khususnya penyakit jantung. Oleh karena itu cara pencegahan penyakit jantung salah satunya adalah berhentilah merokok. 
  • Hindari setres
Hindarilah setres, memang tidak bisa dipungkiri setiap orang pernah mengalami setres dikarenakan banyaknya maslah yang dihadapinya, apalagi didaerah perkotaan besar, jika anda ingin hidup sehat terhusus jantung anda sehat salah satunya hindarilah setres, Karena saat seseorang mengalami setres maka tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa mengakibatkan pembuluh darah kaku.
  • Olah raga secara teratur
Lakukanlah olah raga secara teratur, misalnya seperti,  maraton ringan, atau joging yang menyenangkan, olah raga yang ringan dan tidak berlebihan akan mampu menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh.
  • Konsumsi antioksidan
Konsumsilah antioksidan, mengapa harus mengkonsumsi antioksidan,  karena dizaman sekarang yang dimana-mana banyak sekali polusi udara, banyaknya asap rokok dan asap kendaraan, yang membuat radikal bebas pada tubuh manusia, oleh karena itu antioksidan bermanfaat untuk menghancurkan dan membuang radikal bebas pada tubuh manusia, adapun antioksidan bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Pengobatan penyakit jantung

Pengobatan penyakit jantung ini banyak wasilahnya atau lantarannya, tergantung obat mana yang cocok dan jodoh kepada penderita tersebut. Banyak sekali obat yang mahal dan sudah terbukti manfaatnya, namun jika ada yang gratis kenapa kita cari yang mahal mencari obat, bahkan ada juga yang berobat sampai keluar negri.

Disini kita akan mencoba menggunakan pengobata jantung secara alami, yang gratis dan yang sehat bebas dari bahan kimia. Apa saja yaa obat alami herbal penyakit jantung tersebut. lihat juga yang lain

Berikut obat herbal alami untuk membasmi penyakit jantung dan cara membuatnya:
  • Kulit manggis
Salah satu obat herbal alami untuk obat jantung adalah menggunakan kulit manggis,  karena kulit manggis mampu melebarkan pembuluh darah dan mampu membantu memperlancar sirkulasi darah dan hingga mampu membantu mengurangi penumpukan lemak kemudian menjadi penyebab jantung. Adapun kulit manggis ini sudah dikemas menjadi kapsul yang bisa didapatkan diaopotik apotik terdekat. Seperti gambar dibawah ini.
Google Image - Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya
Google Image - Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya

  • Daun sukun
Daun sukun ternyata menjadi salah satu alternatif untuk menjadi obat penyakit jantung, karena kandungan yang ada didalamnya yaitu sitosterol dan flavonoid mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung. Cara membuatnya adalah sediakan daun sukun yang tua kemudian rebuslah lima gelas air hingga tersisa setengahnya, dan saringlah kemudian minumlah secara teratur selama satu minggu.
  • Wortel
Ternyata wortel juga masuk daftar menjadi salah satu obat tradisional yang dipercaya mampu membantu mengatasi penyakit jantung. Kandungan zat fotinutrien yang terdapat pada wortel mambu membantu sisitem peredaran darah dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Cara membuatnya adalah siapkan tiga buah wortel dan bersihkanlah dengan air sampai bersih, kemudian parutlah dan peras ambil airnya, campurlah air wortel tersebut dengan madu. Minumlah setiap hari sampai sembuh.
  • Kunyit
Selain yang sudah kita sebutkan diatas ternyata kunyit juga masuk daftar nama obat herbal untuk mengatasi penyakit jantung, karena kunyit mampu melarutkan kolestrol jahat dalam darah.

Cara pembuatanya adalah, sediakan kunyit kira kita seperti empat ruas kunyit, Parutlah dan seduh kedalam setengah gelas, selama seperempat jam. setelah itu tambahkan madu secukupnya, dan silahkan mencoba. 
  • Buah mengkudu
Mengkudu bukan buah yang biasa ternyata mengkudu salah satu obat tradisional yang terpercaya sebagai obat jantung, karena buah mengkudu ini mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung dan juga kanker.

Cara pengolahanya supaya menjadi obat jantung adalah sangat mudah anda buat juz saja dan diminum secara rutin setiap hari.

Demikian Ciri-ciri Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pegobatannya - Semoga bisa menjadi solusi anda yang membutuhkan informasi tradisional obat dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »